Welcome to farukfazhay.blogspot.com, blog ini diasuh oleh Umar Faruk Fazhay asal Jl. Raya Sawah Tengah Robatal Sampang Madura Jawa Timur Jejak Perjalanan Menuju Gili Mandangin ~ MENYELAMI MIMPI

Senin, 12 Agustus 2013

Jejak Perjalanan Menuju Gili Mandangin

Berbicara Gili Mandangin Sampang, membuat ingatanku flasback pada kejadian yang hampir merengut seluruh nafas, jiwa dan ragaku, sampai detik ini tetap membekas di dalam sanubari dan memori otakku, kejadian itu terjadi 13 tahun yang lalu, dimana aku masih duduk di kelas 3 SD tentu usia yang bisa dikatakan masih begitu balita, dan menjadi kebanggaan bagi setiap orang tua.

Satu hari sebelum kejadian yang telah merengut perhatian seluruh masyarakat di sekitar rumahku, aku menangis sesegukan (red: kaderui) karena tidak diizini ikut serta dalam mengantarkan manten ke pulau Gili Mandangin itu, waktu itu aku sangat kecewa sekali, maklum masih bocah ingusan yang kurang tahu-menahu tentang arti sebuah perjalanan, yang terlintas dalam pikiranku hanyalah kesenangan.

Peristiwa yang memilukan itu terjadi, bertepatan pada bulan Maulid Nabi, dimana waktu itu orang-orang berbodong-bondong pergi kondangan, kampung halamanku terlihat sepi. Bermula saat aku ingin membantu ibuku untuk mengisi jeding dengan pompa air alias sanyo, karena aku tidak kuat mengangkat sanyonya aku minta tolong ibu untuk membantuku memindah sanyo itu ke sumur, setelah aku menyambung kabel-kabel sanyo tersebut, aku mencoba menghubungkan kabel-kabel sanyo tersebut ke kabel listrik meteran yang berjarak jauh dari atas kepalaku.

Namun, tak pernah kusangka sebelumnya, bahwa kabel yang aku pegang untuk mengalirkan arus listrik ke sanyo itu adalah kabel yang mengelupas kulitnya (red: kabel bengkang), aku pun tersedot oleh tegangan arus listrik tersebut, sementara ibuku menangis dan menjerit meminta tolong kesana-kemari, tak satu pun orang yang datang memenuhi jeritannya, maklum pada saat itu halaman kampung sepi sekali orang-orang pada pergi kondangan, sementara kondisi tubuhku masih dikuasai arus listrik.

Entah selang beberapa detik kemudian, pak Samin menolongku dengan membawa bambu panjang untuk memutus kabel sanyo yang terhubung ke kabel listrik meteran yang berada jauh di atas kepalaku, aku pun tergeletak tak sadarkan diri, dengan lilitan kabel sanyo pada jari telunjukku, entah bagaimana kejadianya setelah itu aku tidak sadarkan diri, yang pasti setelah aku siuman aku hanya melihat banyak orang yang datang mengerumuniku, dengan posisi tubuh masih terkapar di sawah dekat sumur itu, kemudian setelah aku benar-benar sadar aku pun di gendong menuju rumah.

Jejak di Tanglok Sampang
Setelah menempuh perjalanan kurang lebih setengah jam dari rumahku, menuju kota Sampang. Akhirnya aku putuskan untuk naik becak motor, hal ini kulakukan karena mengejar waktu jam berangkat kapal, namun setelah aku sampai disana ternyata masih menunggu lama, kurang lebih sekitar 2 jam aku mendekam dalam penantian yang kurasa sangat melelahkan dan membosankan.

Awalnya aku dan seorang temanku memilih kapal Dermaga, namun karena kapal tersebut sudah disewa untuk memuat rombongan manten, akhirnya kita sepakat untuk ikut kapal Sinar Laut, karena memang satu jalur yaitu berlabuh di dermaga Gili Barat juga. Setelah lalu-lalang pedagangan asongan yang menjual, kacang, air mineral, sarkoyo dan ikan-ikan kecil di sungai serta para penumpang kapal yang semakin sesak berdesakan, akhirnya kapal pun berangkat menyibak sungai membelah lautan.

Banyak hal yang dapat ku ambil pelajaran dari menyebrang lautan, salah satunya adalah adanya gelombang yang bertingkat-tingkat; ada yang besar dan juga ada yang datar, di tengah laut ketika gelombang menghantam-hantam, aku teringat pada sebuah pribahasa: “Pelaut yang handal, akan melahirkan gelombang yang tenang”. Pribahasa ini, memang sangat sesuai denga realitas yang ada, buktinya ketika aku sedang berada ditengah lautan, ditengah besarnya gelombang, yang hampir mengeluarkan makanan dalam perutku serta menghantam dan membolak-balikan kapal yang ditumpangiku, rupanya masih ada nelayan dengan perahu-perahu kecilnya, yang tampak begitu tenang mengais rizeki di lautan, yang membuatku semakin terharu dan kagum nelayan itu kadang ada yang sendirian, mereka tampak begitu asik dan bersahabat dengan gelombang.

Jejak di Dermaga Gili Mandangin
Setelah menempuh perjalanan 2 jam setengah, akhirnya kapal Sinar Laut yang ditumpangiku, berlabuh di Dermaga Gili Barat, kemudian seorang teman yang bersamaku, menghubungi Rahim, sebagai teman, guid dan juga sebagai tempat berteduh melepas lelah dan menghabiskan malamku dirumahnya. Kemudian dia pun membawaku dan seorang temanku menuju rumahnya, dengan menaiki sepeda Mio.

Rumahnya sangat sederhana, serta design kamar mandi yang sedikit berbeda. Apa keunikan dan perbedaan antara kamar mandi masyarakat Gili Mandangin dan kamar mandi masyarat Sampang lainnya?. Perbedaannya adalah terletak pada sumur mungil yang pasti ada pada kamar mandi, disetiap rumah penduduknya.

Setelah melaksanakan ibadah shalat dhuhur, aku menikmati rujak kas Gili Mandangin, rasa enak sekali pengen nambah tapi gimana lagi, seorang tamu harus berprilaku sopan dan harus memberikan kesan yang baik, tidak rakus dan menarik serta menyenangkan.

Sore harinya, aku berjalan-jalan menuju pasir putih dan rumah teman lainnya, namun sayang teman yang aku tuju sedang tidak ada dirumahnya. Kemudian saya lanjutkan menuju Candi yang merupakan tempat wisata masyarakat Gili Mandangin, saat merayakan hari-hari besar seperti hari raya dan semacamnya, namun ketika bulan purnama tiba, kebanyakan masyarakat Gili Mandangin menikmati keindahan bulan purnama itu di pasir putih, ujar Rahim yang mendampingiku, dalam perjalanan keliling Kampung Gili Mandangin itu.

Ketika matahari sudah mulai terbenam dan malam sudah membentangkan jubah nya, aku pun kembali menuju rumah penginapan, disepanjang perjalanan menuju rumah penginapan, aku memperhatikan rumah-rumah penduduk Gili Mandangin yang penuh dengan gang-gang kecil seperti layaknya gang-gang kecil yang ada di kota Surabaya, sangat ramai sekali, banyak masyarakat yang berlalu-lalang ada yang berjalan kaki dan juga ada yang menaiki sepeda motor.

Tidak lama kemudian, adzan pun berkumandang dan aku pun mengajak Rahim sebagai guid dan driver untuk melaksanakan shalat magrib di masjid. Meski masih belum terlihat rampung seluruhnya, masjid itu terlihat megah dan memesona sekali, dengan design interior dan modern. Pokoknya aku jamin, bisa membuat betah bagi umat muslim yang ingin ber-iktikaf didalamnya.

Setelah itu, aku menuju rumah Rahim, rupanya sesampainya disana aku sudah disiapin menu makan malam oleh orang tua Rahim, dengan lauk yang cukup sederhana yakni; ikan panggang dan ikan yang direbus dengan santan. Rasanya makan malamku kurang begitu enak, maklum aku kurang begitu suka dengan ikan laut, untunglah barusan seorang temanku Adin yang juga ikut serta dalam perjalanan barusan, membeli mie ayam menu kesukaanku, meski rasanya sangat berbeda dengan mie ayam biasanya.

Setelah melaksanakan shalat isya’ aku pun kembali berjalan menuju Dermaga, menikamti keindahan malam, bintang-bintang, bulan sabit, kapal-kapal yang di goyang-goyang gelombang serta luasnya lautan. Pemandangan yang sangat menarik dan menakjubkan, sambil lalu ber-tafakkur fil khalkillah, aku pun juga menyempatkan diri melahirkan sebuah sajak dan puisi di tengah hembusan angin kencang yang membuat debu berhamburan.

Tidak lama kemudian, akhirnya aku pun merasa keok dengan hembusan angin malam yang begitu kencang serta debu-debu yang menyesakan pernafasan. Aku putuskan untuk kembali kepemukiman, rencanya ingin online tapi, sayang warnetnya sedang rusak dalam proses perbaikan.

Bermalam di Gili Mandangin merupakan sebuah tantang besar, mengapa demikian?. Karena disana kita akan berhadapan dengan angin besar, adem dan dingin sekali. Terlebih ketika, waktu pagi hari, waduh dingin sekali rasanya. Pagi sebelum menuju kepulangan aku bersarapan, dengan lauk cumi-cumi yang masih baru saja diangkat dari tempat penggorengan, serta nasi yang masih hangat, rasanya nikmat sekali ketika menyantapnya di tengah kepungan hawa dingin yang mencekam.

Jam setengah 6 pagi, aku siap-siap untuk menuju pelabuhan kapal, baru ketika jam 6 pas, kapal itu berangkat membawa tubuhku menuju kota Sampang, tidak ada yang beda dalam perjalanan pulang kali ini, hanya para nelayan yang semakin penuh dan berjejal memenuhi lautan, mereka berjejer seolah membentuk barisan dengan perahu-perahu kecil, jala-jala dan layar-layar. Begitulah resum perjalananku menuju pulau Gili Mandangin Sampang Madura, pada hari Minggu tanggal 11 Agustus 2013 sampai dengan hari Senin tanggal 12 Agustus 2013. Semoga bermanfaat, amin.(*)

*Serial catatan dari pulau sebrang