Welcome to farukfazhay.blogspot.com, blog ini diasuh oleh Umar Faruk Fazhay asal Jl. Raya Sawah Tengah Robatal Sampang Madura Jawa Timur Asmaul Husna Sebagai Solusi Hidup ~ MENYELAMI MIMPI

Rabu, 12 Februari 2014

Asmaul Husna Sebagai Solusi Hidup




Bicara tentang Asmaul Husna peresensi jadi teringat sebuah keajaiban yang ada di telapak tangan manusia. Keajaiban itu berupa garis tangan yang terdapat ditelapak tangan manusia, yang membentuk sebuah angka bahasa arab. Angka tersebut, ketika di jumlah nilainya sama dengan Asmaul Husna yang terdapat dalam Al-Qur’an yaitu 99.


Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, Nabi bersabda: “Sesungguhnyan Allah mempunyai 99 nama, barangsiapa yang menghafalkannya, maka akan masuk surga”. Hadist ini menunjukan bahwa betapa pentingnya, kita mengenal apalagi sampai bisa menghafal nama-nama Allah tersebut. Selaku umat muslim tentu, kita tidak hanya mengandalkan kemampuan intelektual dan emosial saja, tapi juga perlu mengasah kemampuan spritual, untuk melampaui krisis kehidupan yang kadang datang menimpa kita.

Dalam buku ini, Rachmat Ramadhana al-Banjari, mencoba menghadirkan nuansa baru kajian tentang Asmaul Husna. Dalam buku setebal 241 penulis buku juga memberikan makna dan penjelasan dari pada Asmul Husna tersebut. Selain itu dalam buku ini juga, di uraikan dengan jelas tentang gelar yang diberikan Allah kepada para hambanya, yang mampu bertindak dan berprilaku seperti nama-nama-Nya yang baik.

Seperti gelar Abd al-Mutakabbir (hamba Allah yang maha memiliki kebesaran) diberikan oleh Allah Swt. Kepada jiwa yang kokoh meneladani sifat Kibriya’-Nya. Jiwa ini senantiasa mendorong dan menggerakkan diri agar selalu melahirkan sikap kebesaran terhadap orang-orang  yang menentang Allah Swt. dan rasul-nya secara terang-terangan (hal. 33).

Selama ini mungkin kita tidak pernah menyadari, bahwa setiap orang muslim dianjurkan untuk selalu menyebut nama-nama yang agung itu di dalam memanjatkan do’a. Sebagaimana tersebut dalam surat Al-A’raf ayat: 180 yang artinya: “Allah mempunyai nama-nama yang baik, Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. nanti mereka akan mendapat Balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan”.

Jadi jika kita mendapat masalah misalnya kurang cerdas, terbelit hutang, dijauhi teman, dizalimi orang, menghadapi ujian sekolah, sulit mencari pekerjaan, maka kita dianjurkan berdo’a dengan Asmaul Husna. Hendaklah kita berdo’a dengan sungguh-sunggug, khusu’ paling tidak kita tahu arti nama-nama yang tersebut dalam Asmaul Husna tersebut.

Oleh karena itu, hadirnya buku ini dirasa sangat penting sekali, di tengah peliknya sebagian ekonomi umat muslim. Yang kadang menjadi pemicu sehingga berujung pada hilangnya identitas kemuslimannya. Selain yang sudah diuraikan di atas, dalam buku ini juga menyajikan kandungan atau mamfaat dari pada Asmaul Husna itu sendiri sebagai kesehatan fisik, terbukanya pintu rizeki dan kesuksesan hidup serta munculnya ide kreatif dan inovatif.

Seperti yang termuat dalam buku ini (hal. 36), jika seseorang yang beriman kepada kehebatan Allah al-Khaliq dapat membaca “Ya Khaliq” sebanyak 762 kali pada malam hari dan memahami maknanya di dalam hatinya, niscaya Allah akan menciptakan untuknya malaikat yang akan selalu mendoakan dirinya. Wirid ini bermamfaat untuk memunculkan ide-ide kreatif, inovatif dan bermamfaat bagi pengamalnya.

Nabi Idris adalah manusia pertama yang membuat pakaian berjahit. Hasil karya Nabi Idris memberikan mamfaat yang besar bagi manusia. Sejak saat itu, manusia bisa memakai pakaian berjahit dengan berbagai model. Hal ini merupakan bukti atau fedback nyata dari pada kecintaan beliau kepada Allah.

Buku ini sangat layak dan cocok sekali dibaca oleh segenap umat muslim. Buku ini memiliki segudang solusi untuk menghadapi krisis kehidupan, serta di dalamnya juga disajikan do’a-do’a khusus pada setiap wirid Asmaul Husna yang ada. Do’a tersebut di tulis dengan bahasa Arab versi Bahasa Indonesia, di lengkapi juga dengan artinya. Sehingga do’a-do’a itu tidak sukar, mudah di baca oleh siapapun dan bisa diresapi artinya.

Judul                 : Hafal Luar Kepala Asmaul Husna Beserta Doa-Doanya
Penulis              :
Rachmat Ramadhana al-Banjari
Penerbit            : Diva Press
Cetakan            : Cetakan Juli 2013
Tebal                 : 241
ISBN                : 978-602-279-008-2
Peresensi           : Umar Faruk Fazhay* 

dimuat di koran Al-Amiri Pos

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar