Welcome to farukfazhay.blogspot.com, blog ini diasuh oleh Umar Faruk Fazhay asal Jl. Raya Sawah Tengah Robatal Sampang Madura Jawa Timur HAJI DAN UMROH SEKETIKA ~ MENYELAMI MIMPI

Sabtu, 06 April 2013

HAJI DAN UMROH SEKETIKA


Haji merupakan salah satu dari rukun islam yang kelima, yang tidak semua umat islam mampu melaksanakanya. Haji merupakan ibadah yang wajib dikerjakan bagi mereka yang sudah dikatakan mampu dari segi rohani, jasmani dan ekonomi. Kewajiban haji itu bisa  gugur apabila tidak memuhi syarat-syarat tersebut.

Haji ialah berkunjung ke Baitullah (ka’bah) untuk melakukan thawaf, sa’i, wuquf di arafah dan amalan manasik lainya, di dalam masa tertentu. Hal ini tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan butuh tahapan-tahapan, seperti pelatihan, bimbingan, pengarahan dan lain sebagainya. Apalagi jemaah yang dibimbing itu merupakan orang yang memang tidak pernah mengenyam pengetahuan keagamaan.

Mereka para calon jama’ah haji tidak akan melulu meminta bimbingan kepada ketua rombongannya. mengingat yang di handle oleh ketua rombonga itu tidak hanya satu orang saja tapi banyak orang, sehingga perlu adanya buku-buku pedoman haji atau umroh yang  mendukung, mudah dan cepat dipahami.

Buku “Tuntunan Praktis Ibadah Haji dan Umrah (Manasik)” ini sangat menarik sekali, dari bentuknya yang mungil sehingga mudah dibawa kemana saja dan juga dari ulasan dan bahasanya yang tidak menoton sehingga tidak cepat membuat pembacanya jenuh dan bosan, lebih mudah dipelajari dan dijadikan pedoman jika suatu saat ingin menunaikan ibadah haji atau umrah.

Membaca buku ini akan membuat kita Haji dan Umroh seketika, karena buku pedoman haji ini tidak hanya mengulas pembahasan seputar haji saja tapi disana lengkap dengan peta, denah diagram dan penjelasan tentang lokasi ziarah. Misalnya tentang penjelasan Masjid Jin pada halaman 92, disana dijelaskan bahwa Masjid Jin terletak dekat makam Ma’la. Saat Nabi Muhammad saw. Membaca Al-Qur’an disini, sekelompok jin lewat mendengarnya. Mereka ter-tarik dan masuk Islam. Ayat surat Jin dalm Al-Qur’an yang menceritakan hal ini. Dan ditempat inilah diturunkan surat Jin.

Perlu kiranya bagi calon jama’ah haji atau umroh memiliki buku ini, karena penulis yakin dengan membaca buku ini para calon jama’ah haji atau umroh akan merasakan suatu pengalaman yang mencerahkan jiwanya. Buku ini sangat sederhana sekali sehingga dari kesederhaan itu akan membuat pembacanya merasakan menunaikah ibadah haji dengan sendirinya, membaca buku ini adalah upaya kita memenuhi panggilan Allah untuk mengerjakan haji atau umroh. Amin, ya rabbal alamin.

DATA BUKU

Judul                 : Tuntunan Praktis Ibadah Haji dan Umrah (Manasik)
Penulis             : KH. Moh Ramzi Al-Amiri Mannan, S.H.,M.HI
Penerbit           : Pustaka Ilmu Yogyakarta
Cetakan          : Pertama 2012
Tebal                : xii + 127 halaman
ISBN               : 978-602-98721-9-4
Harga               : Rp. 25.000
Presensi           : Umar Faruk Fazhay

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar